Selasa, 15 Januari 2013

Java

Java merupakan sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang disusun oleh James Gosling yang dibantu rekan-rekannya seperti Patrick Naugton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan di suatu perusahaan perangkat lunak yang bernama Sun Microsystems pada Agustus 1991 dengan nama semula “Oak”, kemudian pada tahun 1995 diganti namanya menjadi “Java”.
Dalam sejumlah literatur disebutkan bahwa Java merupakan hasil perpaduan sifat dari sejumlah bahasa pemrograman, yaitu C, C ++, Object-C, SmallTalk, dan Command LISP. Java berusaha menghilangkan kelemahan dari beberapa bahasa pemrograman di atas, misalnya pada C atau C++ yang mengandalkan pointer sehingga terjadi keruwetannya, java justru meninggalkannya sehingga akan lebih mudah pada saat menggunkannya.
Dalam mendiskusikan Java, kiranya penting sekali untuk membedakan antara bahasa pemrograman Java, Java Virtual Machine, dan platform Java. Bahasa pemrograman Java adalah bahasa yang digunakan untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi Java dan pada umumnya hanya mendefinisikan sintaks dan perilaku bahasa.
Pada saat program dikompilasi, ia akan dikonversi ke bentuk bytecode, yang merupakan bahasa mesin yang portable. Selanjutnya bytecode tersebut dijalankan di Java Virtual Machine (JVM).
Platform dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak pendukung untuk aktivitas-aktivitas tertentu. Platform Java adalah himpunan kelas-kelas Java yang sudah didefinisikan sebelumnya dan eksis sejak instalasi Java. Pada prinsipnya Platform berbeda dengan bahasa Java atau JVM. Platform Java mengacu pada lingkungan runtime atau API (Applicaton Programming Interface) Java.
Alasan utama pembuatan bahasa Java adalah untuk membuat aplikasi-aplikasi yang dapat diletakkan diberbagai macam perangkat elektronik, seperti microwave oven dan remote control, sehingga Java harus bersifat portable atau yang sering disebut dengan platform-independent (tidak tergantung pada platform). Itulah yang menyebabkan dalam dunia pemrograman Java, dikenal adanya istilah ‘write once, run everywhere’, yang berarti kode program hanya ditulis sekali, namun dapat dijalankan di bawah platform manapun, tanpa harus melakukan perubahan kode.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar