Sales Order adalah suatu modul yang digunakan untuk
megelola penjualan dari suatu pemesanan. Sales Order dikatakan memenuhi jika
jumlah pemesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan.
Sales Order Pada compiere
sifatnya opsional, artinya bisa digunakan ataupun tidak, karena kita masih bisa
membuat suatu Invoice dari Shipment yang kita kirim (tanpa harus membuat Sales
Order). Kita dapat membuat suatu Quote, merubah atau mengcopykan ke suatu Sales
Order dan kemudian akan menghasilkan Customer Shipment (Shipment Pelanggan)
Atau Invoice darinya tanpa memasukkan semua informasi lagi. Compiere
mengijinkan Kita untuk menangani situasi pembayaran berbeda. Kita dapat
berpindah antara aturan aturan pembayaran yang berikut:
o On
Credit Order: Barang-Barang diambil dengan suatu Invoice. Jenis ini secara
otomatis menghasilkan suatu Shipment dan suatu Invoice. Ketika barang-barang
dibayar Anda dapat Masukkan pembayaran secara manual.
o POS
Order: Jenis Dokumen ini lebih fleksibel. Barang-Barang diambil dengan suatu
Invoice dan opsional pembayaran. Termin Pembayaran dapat juga berupa angsuran.
Jenis ini secara otomatis menghasilkan suatu Shipment (Pengiriman), dan Invoice
dan Peyment berdasarkan pada termin pembayarannya.
Sales Order Menghasilkan Shipment Untuk Pengiriman,
aturan pengiriman yang berikut dapat digambarkan pada Customer Level ( tab
Customer window Business Partner ):
o Availability/Ketersediaan
( yang mana adalah default), berarti bahwa Shipment hanya dihasilkan ketika ada
stok barang tersedia di sistem.
o Complete
Line atau Complete Order, artinya Shipment hanya akan dihasilkan ketika baris
Order yang lengkap ( atau Order Lengkap) dapat dikirimkan. Pilihan ini tidak
mengijinkan Shipment parsial.
o After Receipt , artinya Shipment akan
dihasilkan ketika pembayaran diterima
Menu Pada Sales Order
1. Market Place
Market place merupakan modul untuk membantu mengelola pangsa pasar, yang
biasanya digunakan untuk perusahaan jika akan melelangkan produk-produknya.
Modul ini terdiri dari Bid Topic, Auction Seller, dan Auction Buyer.
-
Bid Topic
Bid Topic merupakan modul untuk mengelola item untuk suatu
pelelangan dan melihat penawaran-penawaran yang diajukan oleh klien dalam suatu
pelelangan. Dalam modul ini tersedia informasi berapa dana yang disediakan oleh
para pembeli untuk suatu pelelangan.
-
Auction Seller
Auction Seller merupakan modul untuk mengelola informasi mengenai para
penjual. Penjual di sini yaitu para pemakai di sistem ini yang ikut
berpartisipasi dalam pelelangan. Yang perlu diperhatikan adalah pemakai tidak
selalu dari dalam perusahaan (Internal), akan tetapi dapat merupakan Business
Partner dari suatu perusahaan yang mengadakan pelelangan.
-
Auction Buyer
Auction Buyer merupakan modul untuk mengelola informasi mengenai para
pembeli yang ikut berpartisipasi dalam pelelangan.
2. Sales Order
Sales Order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari
suatu pemesanan. Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah
pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur. Mengenai Sales
Order ini akan dibahas lebih lanjut.
3.
Distribution List
Modul ini untuk mengelola transaksi penjualan untuk suatu perusahaan
dengan frekuensi transaksi yang besar dengan pelayanan yang cepat, efisien
namun terkendali. Dalam modul ini ditetapkan besarnya kuantitas minimum dari
produk yang akan dibeli suatu perusahaan serta total kuantitas dari barang yang
akan dibeli suatu perusahaan tersebut. Dalam modul ini perusahaan-perusahaan
ditempatkan dalam suatu distribusi, beberapa perusahaan dapat menempati daerah
distribusi yang sama. Seperti contohnya perusahaan a, b, dan c menempati daerah
Distribusi A, sedangkan perusahaan d, e, dan f menempati daerah Distribusi
B. Modul ini hanya untuk menetapkan daerah-daerah distribusi saja,
prosesnya dilakukan melalui modul Distribution Run.
4. Distribution Run
Modul ini digunakan untuk membuat suatu pesanan untuk mendistribusikan
produk kepada Business Partner yang terdaftar pada modul Distribution
List. Laporannya dapat dijadikan satu untuk semua pengiriman kepada Business
Partner yang berbeda ataupun dapat dibuat terpisah.
5. Subscription
Modul ini digunakan untuk langganan dari Business Partner untuk
suatu produk. Dalam modul ini tertera awal dan akhir tanggal berlaku, serta
tanggal untuk memperbaharui sebagai langganan. Jika masa aktif sudah habis dan
tidak diperbaharui maka pelayanan sebagai langganan tidak terdapat lagi,
seperti misalnya pada pengiriman produk.
Langkah-langkah mengisi
Sales Order :
Ada 2
cara untuk mengisi sales order yaitu :
- Menggunakan zoom dengan klik kanan, juga kita dapat pilihan lain seperti new record dan juga update.
- Untuk mencari sales order "Sales Order" pada kotak inputnya berada di sebelah kanan bawah kemudian tekan enter
Tab-tab yang ada pada
Sales Order
1.
Order
Bagian ini merupakan form untuk
menunjukkan barang-barang apa saja yang sudah terjual.
2.
Order Line
Bagian ini menunjukkan
barang-barang apa saja yang sudah siap untuk dijual.
3.
Order
Tax
Bagian ini menunjukkan total harga dari
pesanan yang disertai dengan pajak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar